Penyakit Batu Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ginjal yang fungsi kerjanya sebagai organ terpenting yang memiliki peranan sebagai penyaring darah, mengeluarkan hasil metabolisme tubuh berupa urine dan mengatur kadar ion-ion di luar sel, seperti ion hidrogen, kalium, fosfat, natrium dsb.

Ginjal sama dengan organ tubuh penting lainnya yang memerlukan perhatian dan perawatan yang khusus agar fungsi kerjanya tetap berjalan baik. Apabila fungsi kerja organ ginjal mengalami gangguan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada organ ginjal yang diliputi beragam penyakit yang berbeda yang menyerang organ ginjal, seperti radang ginjal, infeksi ginjal, hingga glomerulonephritis akuta (GNA). Namun masing-masing jenis penyakit ginjal memiliki ciri dan gejala yang berbeda.

Gambar organ ginjal manusia

Air merupakan sumber kesehatan bagi organ ginjal

Secara umum air memang memberi pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia berserta organ tubuh manusia dan sel-sel organ tubuh. Air putih menyimpan banyak manfaat yang luar biasa khususnya bagi organ ginjal, ginjal memang cukup banyak cairan guna untuk menjaga fungsi dan kerja organ ginjal tetap berjalan dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan air akan mengakibatkan aliran darah di seluruh organ tubuh, jaringan dan sel tubuh lainnya menjadi terhambat, menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh secara dramatis. Hal ini akan membebani kerja ginjal, oleh karenanya apabila seseorang yang terserang sakit ginjal dapat terlihat pada penampakan wajah yang terlihat lesu dan cepat merasa lemah.

Fakta seputar batu ginjal :

1. Para peneliti dan ilmuwan menemukan batu ginjal tertua pada mumi Mesir yang berusia 7000 tahun.

2. Menurut catatan para dokter, sebanyak 3 juta pasien mengalami keluhan pada ginjalnya, diperkirakan 1,5 juta pasein terdeteksi mengalami penyakit batu ginjal.

3. Pada umumnya banyak orang yang mengalami penyakit batu ginjal ini dapat diatasi dengan sendirinya tanpa campur tangan dokter, apabila penyakit batu ginjal masih dalam stadium awal atau normal, maka batu ginjal akan keluar dengan sendirinya bersama urine. Namun jika penyakit sudah parah dan memburuk, maka diperlukan penanganan dari dokter ahli untuk mengeluarkan batu ginjal dengan cara pembedahan.

4. Dari berbagai informasi, bahwa orang Kaukasia memiliki resiko lebih besar terjangkit penyakit batu ginjal dibandingkan orang Afro-Amerika.

5. Penyakit batu ginjal umumnya banyak mendera kaum pria terutama pada usia 40 tahun dan semakin meningkat ketika usia 70 tahun. Wanita memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit batu ginjal, jika pun ada terjadi pada usia 50 tahun.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Ginjal, Penyakit Batu Ginjal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>