Gejala Penyakit Batu Ginjal

Umumnya ginjal yang terganggu atau terjangkit penyakit tidak langsung menunjukkan ciri-ciri atau gejala yang mengkhawatirkan. Penyakit ginjal memiliki ciri-ciri sesuai dengan jenis penyakitnya :

1. Glomerulonephritis akuta (GNA)

Ciri umum dari seseorang yang terkena glomerulonephritis akuta adalah terlihat kelopak mata yang bengak, air kemih yang berwarna merah daging dan umumnya seseorang akan mudah merasa lemah. Kelopak mata yang bengkak merupakan ciri khas dari penderita glomerulonephritis.

Pada penderita glumerulonephritis akan merasakan pulih kembali keadaan semula, namun hal itu tak berlangsung karena akan timbul kembali setelah beberapa bulan bahkan mungkin juga beberapa tahun kemudian.

Namun apabila seseorang telah dinyatakan terserang glumerulonephritis, segera dilakukan pemeriksaan dan pengobatan akan jenis penyakit ginjal ini agar tidak semakin memburuk. Ciri dari penyakit ginjal kronis ini umumnya tidak merasakan keluhan apapun, namun bisa saja datang dengan tiba-tiba tubuh merasa lemah, mual, lesu, gelisah, nyeri di kepala, dan tingkat kesadaran menurun. Dalam stadium yang dikatakan parah atau kronis, kemudian akan muncul tanda-tanda seperti kelopak mata mulai membengkak.

Untuk itu disarankan apabila mengalami gejala seperti hal diatas, segeralah memeriksakan diri terutama pemeriksaan pada urine dan darah untuk mengetahui apakah terjangkit jenis penyakit ginjal ini atau tidak.

Gambar organ ginjal dan batu ginjal

2. Batu ginjal atau kencing batu

Penyakit batu ginjal atau kencing batu tak mengenal usia. Tak hanya mereka yang sudah berusia lanjut, namun remaja, dewasa muda bahkan anak-anak memiliki potensi menderita kencing batu atau batu ginjal.

Batu ginjal merupakan kumpulan dari mineral keras yang membentuk batu ginjal di sepanjang saluran kemih, yakni di ginjal, saluran ureter (saluran yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Batu ginjal terbentuk dari beberapa susunan mineral keras yang menggumpal yang mengandung kalsium (kapur) seperti kalsium fosfat dan oksalat.

Ciri penyakit kencing batu atau batu ginjal ini hampir sama dengan glumerulonephritis. Namun setelah terjadinya gumpalan mineral dan mulai bergerak memasuki piala ginjal atau piramid ginjal timbul rasa nyeri yang luar biasa di sekitar pinggang, keluar keringat yang cukup banyak, urat nadi mulai melemah, wajah terlihat pucat dan tekanan darah menurun.

Ciri khas dari penyakit ini adalah timbul rasa nyeri yang membakar pada bagian disekitar pinggang, namun adapula pada suatu keadaan seserorang yang menderita batu ginjal dalam stadium yang parah ketika merasakan nyeri di bagian sekitar pinggang yang dirasakan begitu sakit luar biasa terkadang membuat penderita sampai berguling-guling dan teriak.

3. Infeksi ginjal

Seseorang yang terkena infeksi ginjal akan merasakan efek seperti panas tinggi, demam dan nafsu makan yang berkurang. Jika dilakukan pemeriksaan dilaboratorium dengan mengambil contoh air seni penderita infeksi ginjal akan ditemukan kuman dalam air seni penderita.

Seseorang yang mengalami infeksi ginjal ini akan menampakkan ciri seperti wajah nampak pucat, mudah capek, nyeri di kepala, tekanan darah mulai meninggi karena pembuluh darah di dalamnya mulai menciut dan jantung berdebar-debar. Jika terjadi pada anak-anak infeksi ginjal akan mengakibatkan kejang-kejang dan sering mengigau.


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Ginjal, Penyakit Batu Ginjal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *